Tuesday 10 January 2012

Nyok Belajar Merancang Tampilan Blog Sendiri

awal gue ngeblog, gue buat design blog dari blog template yang banyak tersedia di google, tinggal cari model yang pas copy-paste HTML nya jadi deh.

Lama banget gue vakum. Nah, setelah gue mulai kembali mengelola blog ini, gue rasa template dari google ternyata aneh2, lebih kepada rame kali ya... akhirnya gue coba-coba deh sendiri ngotak-ngatik satu persatu direct link dan tab yang ada di dashboard, dan akhirnya setelah gue otak-atik ternyata emang lebih enak design sendiri dengan yang memang sudah disediakan oleh blogger. Dan taraaaa…. This is it… gue pikir lebih simpel dan lebih sesuatu tampilan blog ramfazz yang sekarang. ya paling nggak menurut gue… Sensasinya itu man, selama otak-atik seru juga ternyata...
learning by doing itu kuncinya, so bagi yang ingin coba-coba juga nih gue kasih gambaran apa aja yang bisa diotak-atik perihal template dan tampilan blog secara simpel dan bener-bener untuk pemula atau newbie tentunya… berhubung gue juga masih newbie yang juga belajar…
NB: Gambar-gambar contoh tampilan yang gue urai itu yang gue aplikasikan sehingga menjadi tampilan blog ramfazz sekarang ini:

  1. Tentunya log-in terlebih dahulu di blogger.
  2. Masuk ke tab Design di navbar bagian kanan ketika di halaman home page blog, atau di link sejajar dengan tab new post pada halaman dashboard
    link design pada navbar di home page
    link design di dashboard
  3. Pilih link "Template Designer". Nah, di sinilah Blogger Template Designer tempat lo bisa mulai untuk otak-atik design template.
    template designer
  4. Langkah pertama pilih 'template' yang diinginkan. Ada 7 (tujuh) jenis template yang tersedia yang dapat dipilih: Dynamic ViewsSimplePicture WindowAwesome Inc.WatermarkEtherealTravel. Coba satu persatu dan livat tampilan preview dibawah editor.
    Templates:
    pilih jenis template yang diinginkan 
  5. Selanjutnya pengaturan 'Background' bisa dilakukan untuk memilih gambar atau pola atau warna sebagai latarbelakang tampilan blog.
    Background:
    pilih gambar atau pattern dan warna background tampilan blog
  6. Untuk mengatur lebar keseluruhan tampilan blog dan juga lebar tampilan sidebar pada 'adjust widths'.
    Adjust Widths:
    atur lebar tampilan kesulurahan blog, dan lebar pada masing-masing side bar
  7. Kemudian pilih tata letak (layout) yang diinginkan pada 'layout'. Pada body layout, pilih berapa kolom yang diinginkan pada badan blog, dan juga footer layout untuk memilih berapa kolom pada footer yang diinginkan.
    Layout:
    pilih jenis tampilan layout
  8. Pada bagian 'Advanced', untuk mengatur ditail dari tampilan blog, dari jenis dan warna huruf, serta latarbelakang tampilannya.
  • 1. Page; 
    1. Page
    Mengatur tampilan huruf dan warnanya pada badan blog,
    atau menjadi default font untuk  postingan badan blog.
  • 2. Links; 
    2. Links
    Mengatur tampilan warna huruf
    yang berfungsi sebagai link secara umum keseluruhan blog,
    khususnya untuk setiap tulisan berperintah link pada badan blog.
  • 3. Blog Title; 
    3. Blog Title
    Mengatur tampilan huruf untuk Judul Blog,
    pada contoh di atas "Live Life Like A Journey"
  • 4. Blog Description;
    4. Blog Description
    Mengatur tampilan huruf untuk deskripsi judul di bawah Judul Blog
  • 5. Tabs Text; 
    5. Tabs Text
    Mengatur tampilan huruf pada tabs seperti tombol 'HOME'
  • 6. Tabs Background;
    6. Tabs Background
    Mengatur tampilan warna pada tabs
  • 7. Date Header; 
    7. Date Header
    Mengatur tampilan huruf pada format tanggal postingan,
    seperti pada border merah di atas.
  • 8. Post Title; 
    8. Post Title
    Mengatur tampilan huruf pada judul setiap postingan blog
  • 9. Post Background;
    9. Post Background
    Mengatur tampilan warna latarbelakang 'post box'
  • 10. Gadget Title; 
    10. Gadget Title
    Mengatur tampilan huruf pada judul gadget
  • 11. Gadget Text; 
    11. Gadget Text
    Mengatur tampilan huruf pada isi gadget box
  • 12. Gadget Links; 
    12. Gadget Links
    Mengatur tampilan dengan perintah link pada gadget box
  • 13. Gadget Background;
    13. Gadget Background
    Mengatur tampilan warna latarbelakang gadget box
  • 14. Sidebar Background;
    14. Sidebar Background
    Mengatur tampilan warna latar belakang sidebar,
    pada blog ramfazz sidebar kanan-kiri.
  • 15. Images;
    15. Images
    Mengatur tampilan foto pada postingan,
    seperti contoh di atas background  color putih tepat antara bingkai merah dalam dan luar,
    border color yang terletak di bingkai merah terluar.
  • 16. Feed;
    16. Feed
    Mengatur tampilan huruf pada text feed section pada contoh di atas
  • 17. Feed Links;
    17. Feed Links
    Mengatur tampilan warna huruf dengan perintah link,
    seperti pada tampilan contoh no 16. Feed
  • 18. Pager;
    18. Pager
    Mengatur tampilan huruf pada pager seperti pada gambar di atas
  • 19. Footer;
    19. Footer
    Mengatur tampilan huruf dan latarbelakang footer box,
    seperti pada gambar di atas
  • 20. Mobile Button Color dan 21. Add CSS, sorry untuk dua section ini gue belum bisa menjelaskan, gue rasa gue belum perlu, padahal gue sendiri juga masih belum ngerti sih (hehe), mungkin next time gue update yo man kalo udah dapet ilmu barunya.
Semoga apa yang gue urai, bisa sedikit membantu mengarahkan temen-temen yang baru mau mulai mengelola dan mendandani blognya. Dan bagi temen-temen yang mungkin tahu lebih dalam dan ada kesalahan dalam uraian gue, silahkan memberikan komen dan jangan sungkan untuk kritik, dengan catatan yang membangun ye... Sampai jumpa di nyok nge-blog (tips) selanjutnya...

5 comments:

Anonymous said... Reply Comment

ajarin aku dong qaqaa

Unknown said... Reply Comment

Ramaaaa... tolong design blog akuuu dong... yaah pleasee

rama-boy said... Reply Comment

@Anonymous: yuk kita belajar sama2... ^^

rama-boy said... Reply Comment

@chemilia:HAHA... itu udah mulai berkembang kok chemazing - nya... memang mau dibuat apa lagi nih...

Jangan Beli Laptop Baru Sekarang! Ini Alasannya said... Reply Comment

terima kasih atas informasinya.. sangat bermanfaat sekali